Sabtu, 16 Februari 2013

Manfaat Solat Untuk Kesehatan

Columbia University pernah melakukan penelitian tentang otak.ternyata di otak terdapat sebuah bagian yang tidak teraliri darah tapi bagian tersebut dapat teraliri darah bila kita melakukan gerakan kususnya seperti sujud yang dilakukan dalam sholat.walaupun tidak menyebutkan secara gamblang tentang waktu-waktu tersebut tetapi waktu tersebut berada sekitar sholat lima.efek dari tealirinya bagian dari otak tersebut adalah dapat membuat kerja otak menjadi maksimal.sehingga kemampuan otak dalam bekerja (seperti menghitung,menghafal,belajar dll) bisa lebih baik dan tentunya  menambah kecerdasan otak kita.

-manfaat sholat secara medis

selama ini yang kita lakukan dalam sholat,sebenarnya telah memberikan investasi kesehatan yang cukup besar bagi kehidupan kita.mulai dari berwudlu,gerakan sholat sampai dengan salam memiliki makna yang luar biasa baik untuk kesehatan fisik maupun mental dan spiritual

bersuci merupakan salah satu metode menjaga kestabilan kulit khususnyakelembaban kulit.kalau kulit sering kering akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit karena mudah terinfeksi kuman.dengan bersuci berarti terjadinya proses peremajaan kulit.

keutamaan berkumur dalam bersuci yaitu membersihkan rongga mulut dari penularan penyakit.dan tanpa kita sadari,dapat mencegah dari infeksi gigi dan mulut.istinsyaq berarti menghirup air dengan luban hidung berfungsi untuk mensucikan selaput dan lendir hidung yang tercemar oleh udara kotor dan juga kuman.

manfaat kesehatan sholat berdiri lurus adalah pelurusan tulang belakang dan menjadi awal dari sebuah latihan pernafasan,pencernaan.

takbir merupakan latihan awal pernafasan
dengan ruku,memperlancar aliran darah dan getah bening ke leher oleh karena sejajarnya letak bahu dengan leher.aliran akan semakin lancar bila ruku’ dilakukan dengan benar yaitu meletakan perut dan dada lebih tinggi daripada leher.pelurusan tulang belakang pada saat ruku berarti mencegah terjadinya pengapuran.ruku juga melaith kemih (buang air kecil) untuk mencegah prostat.
sujud mencegah wasir.selain itu juga,melancarkan darah hingga dapat mencegah wasir.sujud dengan cepat tidak bermanfaat karena tidak melatih tulang belakang dan otot.

duduk diantara 2 sujud dapat mengaktifkan kelenjar keringat karena bertemunya lipatan paha dan betis.sehingga dapat mencegah terjadinya pengapuran.pembuluh darah balik diatas pangkal kaki jadi tertekan sehingga darah akan memenuhi seluruh telapak kaki.gerakan ini menjaga supaya kaki dapat secara optimal menopang tubuh kita.

gerakan salam untuk menjaga kelenturan urat leher,gerakan ini juga akan mempercepat aliran getah bening di leher ke jantung

manfaat sholat malam karena banyak lemak jenuh yang melapisi saraf kita hingga menjadi beku,kalau tidak segera digerakan sistem pemanas tubuh tidak aktif,saramenjadi beku.naahh sholat malam adalah solusinya

0 komentar:

Posting Komentar